Kisah seseorang lelaki yang berasal dari Negeri Pemalas :)

negeri dongeng

 

Suatu hari di negeri entah berantah, bukan di Indonesia ataupun di belahan negeri manapun…

Di negeri dimana semua orang tidak punya semangat dalam hidupnya…

Yah negeri ini bernama negeri pemalas, bagaimana rasanya jika kita hidup di negeri seperti ini ?

Sepertinya kita akan selalu malas melakukan apapun, mulai dari hal yang kecil apalagi sampai hari yang amat sangat besar.

Suatu saat ada seorang lelaki yang tinggal di negeri pemalas ini. Lelaki itu bernama Lazirius.

Alhasil dengan nama seperti itu , dia mendapat peringkat paling malas di negerinya. Mungkin di negaranya, ia akan menjadi orang yang paling di hormati karena ia adalah seorang yang paling malas…

Suatu ketika, sang raja di negeri pemalas itu memberi titah kepada Lazirius untuk mengembara ke negeri seberang.

Negeri yang selalu menjadi kontra dengan negerinya itu.Negeriย  Pengrajin…

Raja berpesan kepada Lazirius “Hai kau Lazirius, pergilah ke negeri sebrang negeri sang pengrajin cari tahu apa rahasia mereka. Mengapa negeri itu begitu makmur dan kaya akan harta kekayaan yang tak terkira di negerinya.. ”

Untuk hal yang satu ini Lazirius tidak bisa malas untuk menerima titah raja, karena sang raja adalah orang yang paling berkuasa di negeri itu.

Perjalanan Lazirius begitu membuat dia kelimpungan, karena sifat ia yang sangat pemalas. Untuk membeli perbekalan saja ia malas. Alhasil karena kemalasannya itu.. ia harus menunda perjalanannya menuju negeri sebrang selama satu minggu.

Setelah penundaan yang cukup panjang, ia akhirnya dapat pergi ke negeri sang pengrajin.

Lazirius memasuki gerbang negeri pengrajin, ia takjub dengan kondisi sekitar yang ia lihat disana. Disana semua orang begitu rajin bekerja, tidak ada satupun yang bermalas-malasan…

Semua bergerak dengan cepat tanpa ingin menghilangkan waktunya satu menit yang sangat berharga. Lazirius berkata kepada dirinya sendiri, ia harus bisa berubah setelah mendapatkan banyak pelajaran dari petualangannya di negeri sang pengrajin ini.

Di negeri sang pengrajin ada satu tempat yang selalu di kunjungi banyak orang disana. Tempat itu adalah toko roti “Clever” ..

Di toko roti itu Lazirius melihat seorang gadis yang sangat gesit. Gadis itu adalah Cleveria.. Cleveria adalah anak sang pemilik toko.

Tatapan Lazirius dan Cleveria saling bertemu, Lazirius tersenyum simpul ke arah gadis itu. Tak lama kemudian gadis itu menghampiri Lazirius. Dan bertanya “Wahai, engkau pria asing . Dari mana asalmu? Aku belum pernah melihatmu sebelumnya di negeri sang Pengrajin ini ..”

Dengan rasa hormat Lazirius membungkukkan badannya dan berkata kepada gadis itu “Namaku Lazirius , sayaย  berasal dari negeri seberang negeri sang pemalas..

Cleveria sedikit tertawa “hahaha…Ada apa geragan ada orang dari negeri sang pemalas datang kemari ?”

Lazirius pun dengan bangga berkata “Sang raja memerintahkan saya untuk pergi ke negeri ini dan mencari rahasia dari kemakmuran negeri ini …”

Dengan gampangnya Cleveria pun menjawab “Gampang kok kalian tinggal tidak malas .. memulai segala sesuatu dengan keyakinan dan kesanggupan diri bahwa saya tidak akan malas..”

Lazirius pun tersenyum sinis kepada Cleveria “hai kamu mengapa bicara seperti itu ? negeri kami memang semuanya pemalas bagaimana mungkin menghilangkan itu semua..”

Cleveria menjawab dengan lantang “Semua tergantung kemauan kalian semua wahai negeri pemalas untuk berubah menjadi lebih rajin dan bisa mengubah diri kalian menjadi lebih baik.”

Lazirius pun keheranan dengan hal yang dikatakan Cleveria, ia pun beranjak pergi dari negeri itu dan segera menghadap raja ke negeri sang pemalas.

Akhirnya Lazirius sampai ke negerinya kembali. Sang raja dengan tidak sabar ingin mendengar petualang Lazirius ke negeri seberang.

Sang Raja pun berkata “Wahai lazirius apa yang kau dapat dari negeri seberang ?” Lazirius pun menceritakan hal yang ia lihat selama ia melancong ke negeri seberang. Dengan rasa penuh hormat Laziriuspun menjawab pertanyaan sang raja “Raja, saya melihat semua orang disana tidak ada yang malas, semua bergerak dengan rajin mengerjakan segala sesuatu. Seolah-olah waktu satu menitpun tidak boleh terlewatkan. Dan saya bertemu dengan salah seorang penghuni negeri sang Pengrajin ia berkata kepada saya bahwa semua hal yang akan dimulai tidak boleh di kerjakan dengan malas tetapi dengan penuh keyakinan dan kesangupan diri dan tidak boleh malas.”

Sang raja negeri pemalas itu agak sedikit keheranan mendengar celotehan Lazirius, tetapi sang raja yang bijaksana itu berkata “Baiklah Lazirius saya akan memerintahkan kepada penasehat kerajaan agar menuliskan perintah kepada seluruh rakyat untuk rajin dan tidak bermalas malasan agar negeri kita menjadi lebih baik. ”

Akhirnya sang raja mengeluarkan perintahnya dan seluruh rakyat menurut segala titah raja itu. dan akhirnya kurang dari satu tahun negeri sang pemalas menjadi negeri yang masyur dan tidak kekurangan apapun…

Created by : Willma Quenicka

Pesan moral dari cerita ini adalah yu berubah menjadi tidak malas dan bisa membuat hal yang lebih baik ๐Ÿ™‚

Iklan

6 thoughts on “Kisah seseorang lelaki yang berasal dari Negeri Pemalas :)

    • kenapa banyak orang batak di sini ๐Ÿ™‚ bukan menyindir negara kita tapi menyindir mental suatu negeri tepatnya ๐Ÿ™‚

  1. Ceritanya sederhana tapi menarik….bahkan dalam kitab suci yang saya yakini juga disinggung bahwa Tuhan tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka…..bisa dijadikan referensi utk adik-adik nih sbg dongeng sebelum bobo… ๐Ÿ™‚

    • sih ๐Ÿ™‚ baca terus ceritaku ya siapa tahu ada penerbit yang singgah dan buat cerita ini jadi suatu dongeng :D.. Terimakasih Juzt DavieZ ๐Ÿ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s